MATAN

Sidang Pleno PP Matan 2023 Insya Allah akan dilaksanakan di Mranggen Jawa Tengah

Jakarta – Rakernas PP Matan, Rapat Kerja Nasional Pengurus Pusat Matan rencananya akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak Jawa Tengah pertengahan bulan Juni 2023, kegiatan ini adalah untuk semakin meneguhkan bahwa tarekat dan tasawuf adalah gerak dasar daripada keberlangsungan pesantren dan dakwah islam yang toleran dan universal.

Ponpes Futuhiyyah Demak memiliki sejarah panjang dan tua dengan keberadaan jamiyyah tarekat, sebut saja misalnya KH Muslih. KH. Muslih mengembangkan aktivitas kemasyarakatan dengan menyebarkan Thariqah Qadiriyyah wa Naqsyabandiyyah. Beliau juga menjadi salah satu kiai yang menginisiasi berdirinya JATMAN (Jam’iyyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah).

kyai haji muslih

Banyak kiai, santri dan masyarakat awam yang ingin baiat Thariqah yang kemudian datang ke KH. Muslih, dari beliau kemudian lahir ulama-ulama besar dalam bidang kethariqahan, sehingga KH. Muslih dijuluki sebagai “Syaikhul Mursyidin” (gurunya para mursyid)

Dewasa ini ada KH Prof DR Abdul Hadi, yang serius dan concern terhadap dakwah tarekat dan tasawuf, beliau juga merupakan salah satu wakil ra’is di dalam Kepengurusan Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah yang hari ini dipimpin oleh maulana Al Habib Muhammad Luthfie ibn Ali ibn Yahya.

Di JATMAN beliau merupakan pembina MATAN pimpinan Gus Chasan Habibie, dengan arahan dari beliau dakwah tentang toleransi, akhlaq dan adab yang berbasis tasawuf dan tarekat dapat diterima oleh kalangan anak – anak muda, santri, mahasiswa dan akademisi.

Bagikan:

Iklan