Peringatan HARLAH NU ke-96 diseluruh daerah dimeriahkan dengan penuh semarak. BANOM, Lajnah, dan Lembaga NU di cabang bahu membahu mengisi HARLAH dengan berbagai kegiatan.

Ahad, tanggal 30 Januari 2022, PC. NU Parepare menghimpun seluruh BANOM dan Lembaga mengadakan Dialog dan Zikir di kantor PC NU Parepare, Jalan A. Muh. Arsyad. Seluruh perwakilan hadir mengikuti acara, termasuk PC. MATAN Parepare. Ketua Tanfiziyah PC. NU Parepare, Dr. Kyai Hannani, M. Ag. menyampaikan  bahwa menyongsong satu abad NU, masih banyak sesuatu yang perlu dibenahi, karena semakin aktifnya perkembangan ilmu dan teknologi.

PC. NU Pinrang bersama BANOM Pinrang melaksanakan “KEMAH HARLAH NU” dengan tema “Menatap NU menuju satu abad”. Waktu pelaksanaan tanggal 29 – 31 Januari  2022 di Area stadion Bau Massepe. Peserta kemah HARLAH NU merupakan utusan perbanom (IPNU dan IPPNU, PMII, FATAYAT, ANSOR, JATMAN/ MATAN, MUSLIMAT). Berbagai kegiatan disiapkan oleh panitia, diantaranya tudang sipulung, bakti sosial, bedah buku, dialog kelembagaan, zikir dan doa. KEMAH HARLAH juga dihadiri alumni PKPNU, pengurus PC NU, LDNU, LAKPESDAM, PERGUNU, ISNU, LAZISNU, dan seluruh warga NU di Kab. Pinrang.

Bersama dengan Ketua JATMAN Pinrang Dr. Alamsyah Sya’ban Miru, M. Th. I., ust. Nurul Ansar (kader PC. MATAN Pinrang) memimpin pembacaan Ratib Al-Aththas dan doa. Dikesempatan lain sebelum HARLAH, PC. MATAN Pinrang dan Parepare menggelar diskusi tarekat bersama Syeikh Imran Abdillah (Khalifah Tareka Khalwatiyah syeikh Yusuf).

Di daerah Sidrap kegiatan serupa juga diadakan oleh PC. NU Sidrap. Pelaksanaan Harlah NU di Kab. Sidrap dilaksanakan dalam bentuk tabligh akbar dan istighasah di Masjid Raya Islamic Center Pangkajene. Kegiatan harlah NU ini melibatkan semua unsur dalam NU, mulai dari pengurus Cabang, MWC, Lembaga dan Banom hingga majelis-majelis taklim di bawah naungan Muslimat NU. Acara tersebut

Acara harlah NU dimulai dengan pawai kirab majelis taklim dari beberapa titik kumpul menuju ke lokasi acara. Setiba di lokasi, acara kemudian dilanjutkan dengan shalawatan sampai masuk shalat ashar. Setelah shalat ashar dilanjutkan dengan istighasah, pembacaan ratib dan tabligh akbar.

Tabligh akbar dibuka dengan sambutan oleh AGH. Asri Kasman, Lc. (Rais Syuriah PCNU Sidrap), kemudian dilanjutkan dengan Mauizhatul Hasanah, oleh Gurutta Muhammad Yusuf, S. Sos. (Ketua Tanfidziyah PCNU Sidrap) dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Gurutta KM. Dr. Malik Tibe, M. Ag. (Ketua LBM NU Sidrap). Turut hadir dalam acara Harlah NU asisten 1 (mewakili bupati), kodim dan kepala kementerian agama.

PC MATAN sendiri mendapatkan amanah dan kepercayaan untuk memimpin istighasah dan pembacaan ratib Al-Atthas. Istighasah dipimpin oleh Muhammad Rusmin (Pembina PC MATAN Sidrap) sedangkan pembacaan Ratib Al-Atthas dipimpin oleh Ust. Hudri Mattaliu (Ketua PC MATAN Sidrap).

Hardianto

Share: