MENGHIDUPKAN BUDAYA LITERASI, ZAWIYAH MATAN UIN SUKA MEMBUAT READING CLUB

Kegiatan Reading Club Zawiyah Matan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

Yogyakarta – Dalam Roda Pergerakannya, MATAN ( Mahasiswa Ahlu Thariqah Al Mu`tabarah An- Nadhliyyah ) dibekali dengan Asasul Khomsah ( lima Asas ) yang menjadi Khittah dasar untuk setiap kegiatan agar setiap langkah kegiatanya selalu menuai manfaat yang sesuai dengan cita – cita Maulana Abah Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya.

Tafaquh Fi Ad- Din
Adalah semangat pergerakan yang didasarkan pada pengasahan kemampuan dan ketajaman intelektual para anggota MATAN, dalam upaya meningkatkan kualitas sumbar daya manusia seutuhnya di seluruh fan (cabang) ilmu pengetahuan, tanpa adanya pemisahan antara ilmu agama dengan ilmu umum. Karena menurut keyakinan MATAN bahwa semua ilmu bersumber dari Yang Maha Mengetahui, yaitu Allah SWT.

Dari dasar asas inilah Zawiyah MATAN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta membuat Kegiatan Reading Club yang diadakan rutin setiap malam Sabtu di Zawiyah Matan UIN Sunan Kalijaga yang bertempat didaerah timoho Kota Yogyakarta

Kegiatan ini bertujuan untuk menggalakan minat Baca Kader Matan dan menumbuhkan budaya literasi Anggota Matan. Alur Kegiatanya dimulai setelah Sholat Isya berjamaah, dilanjutkan berdzikir berjamaah. Setelah itu salah seorang santri Zawiyah Matan UIN Suka yang sebelumnya sudah dijadwalkan akan mempresentasikan Buku yang telah di baca, peserta yang hadir pun dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan, saran, dan kritik dari materi yang disampaikan pemateri, setelah semua kegiatan malam itu selesai, penanggung jawab bidang kajian dan pendidikan akan menjadwalkan siapa yang akan mengisis kajian minggu depan, dan yang dijadwalkan wajib mensetorkan buku atau teman kajian apa yang di inginkan.

Dari Kegiatan ini diharapkan, Kader – Kader Matan di Uin Sunan Kalijaga dapat memiliki kesadaran literasi, menambah pengetahuan, dan menjadi ajang latihan Public Speaking untuk bekal mereka kembali kemasyarakat

Fatihul Fahri Abu Bakar Shiddiq- Yogyakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top