Ziarah Makam Pasca Suluk MATAN 1.1 Kab. Wajo

Selesainya Pembaiatan Suluk Mahasiswa Ahlith Thoriqah al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (MATAN) Kab. Wajo 1.1, para masyaik dan peserta bersiarah ke makam Al-habib Syekh Jamaluddin Al-Akbar Al-Husaini (Kakek Wali Songo) di Tosora Kab. Wajo, ahad 29 dzulhijjah 1442 H/ 08 Agustus 2021 M. ziarah makam dan silaturahim kepada ulama-ulama dan masyaikh merupakan tradisi yang dikerjakan pasca suluk, berdasarkan arahan dari para masyaikh.

Zikir dan tahlil di pimpin oleh syekh Muhammad Rusmin al-Fajr (badal khalifah tarekat Naqsyabandiyah Haqqoni) dan Syeikh Abdul Aris Yusuf Mada (khalifah tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Mujaddidiyah. Benar-benar suasana rohani yang menyegarkan jiwa, di tambah metode-metode zikir dari pengamal tarekat yang lain adalah suasana yang langkah di Kab. Wajo. Hal yang langkah terjadi di Kab. Wajo adalah bertemunya beberapa masyaik tarekat, dan hari ini terealisasikan.

Para peserta nampak bersemangat mengikuti lantunan zikir, tahlil dan penuh pengharapan berdoa kepada Allah swt. yang dipimpin oleh masyaikh. Peserta suluk yang berasal dari luar daerah Wajo nampak bersemangat, selain ziarah juga mengamati situs cagar budaya disekitar makam. Peserta suluk MATAN menunaikan shalat ashar di masjid tua Tosora yang masih terpelihara. Makam habib dan raja  menjadi obyek tujuan wisata ruhani yang ada di Kab. Wajo Prov. Sulawesi Selatan.

(Muhammad Takdir)