Penguatan Tarekat 2 oleh Syekh Imran Abdillah

Baiat adalah suatu janji setia atau ikrar yang dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang yang berisi pengakuan untuk menaati seseorang, misalnya karena ia diangkat menjadi pemimpin. Maka, istilah baiat di dunia tarekat seharusnya bukan sesuatu yang asing, karena jelas di dalam al-Qur’an. Jika pengamal tarekat berbuat bukan hal yang baru melainkan sesuatu yang sudah lama bahkan jelas dalilnya di dalam Q.S. Al-Fath ayat 10.

Terjemahannya:

“Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepadamu (Muhammad), sesungguhnya mereka hanya berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa melanggar janji, maka sesungguhnya dia melanggar atas (janji) sendiri; dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Dia akan memberinya pahala yang besar.”

Selama ini ada sekolompok golongan yang berusaha untuk menjauhkan umat dari baiat tarekat. Itu karena ketidakpahamannya tentang tarekat itu sendiri. Sehingga ada umat yang menjauhi tarekat, menganggap sesuatu yang menakutkan dan ibarat monster. Inilah tugas kita sebagai kader MATAN untuk mencerahkan dan memberikan pemahaman sesuai kemampuan kita tentang tarekat mu’tabarah dan gairu mu’tabarah.

Hari Sabtu, tanggal 20 Juni 2021 di kediaman ketua PC. MATAN Pinrang memfasilitasi masyarakat yang akan mengikuti pembaiatan Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf al-Makassary yang dipimpin oleh Khalifah Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf al-Makassary Syekh Imran Abdillah, kali ini diikuti dari berbagai profesi ada penyuluh, guru dan karyawan bahkan nelayan.

Syekh Imran Abdillah dalam penjelasannya tentang pentingnya bai’at. Bahwa bai’at bagian agama yang wajib dilakukan untuk menyambung kembali tali Allah dengan seorang hamba.

Khalifah Habib Abdurrahim As-Seggaf Puang Makka menguraikan tentang alam rahim setelah penyaksian dilakukan, kemudian seorang hamba keluar ke alam syahadah, maka diputus tali pusar setelah baligh seorang wajib menyambung kembali tali tersebut. Tali tersebut disebut hablul minallah.

Ketua JATMAN Pinrang Dr. Alamsyah Sya’ban Miru, M. Th. I. ikut memberikan semangat dan motivasi kepada jamaah yang baru berbai’at, dan memberikan dukungan besar setiap kegiatan MATAN.

(Abd. Rahim Hadi)