MATAN IAINU Kebumen Gelar Reorganisasi Pengurus

Kebumen, MATAN.or.id

Pengurus Komisariat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (MATAN) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen menyelenggarakan Musyawarah Kerja sekaligus reorganisasi pemilihan pengurus baru. Acara ini berlangsung di kediaman KH Mujazim tepatnya di Pondok Pesantren Al Ghufron Desa Gebangsari, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen.

Kegiatan ini digelar Ahad (06/06/2021) dengan dihadiri 20 peserta. Acara dimulai pukul 09:00 diawali dengan bacaan tahlil yang dipimpin oleh Maulana Yusuf dengan khidmat. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars MATAN dan Syubbanul Waton dengan penuh antusias dipimpin oleh Istiqomatul Husna.

Acara dilanjutkan dengan laporan program kerja oleh setiap departemen. Dimulai dari departemen Kajian dan Litbang yang diwakili oleh Ericka Pradita. Dirinya mengungkapkan bahwa selama kepengurusan telah menggelar beberapa program kerja dengan baik.

“Alhamdulillah program kerja kami yang telah berjalan yaitu, pertama rutinan rotib kubro yang dilaksanakan setiap Ahad legi. Kedua kunjungan edukasi di rumah batik Pejagoan dan produksi kerajinan gerabah di Klirong. Selanjutnya ziarah kubur ini juga sudah berjalan lumayan baik,” katanya.

Dilanjutkan oleh departemen srikandi, pengkaderan dan srikandi yang diwakili oleh masing-masing penanggung jawab. Di tengah-tengah laporan kinerja departemen, KH Mujazim mengungkapkan bahwa MATAN identik dengan riyadlul jannah, ketika di MATAN otomatis Bahagia, jangan sampai ada perasaan sedih, tersiksa, atau tertekan.  

“Berorganisasi di MATAN dengan tujuan berkhidmah. Maka laksanakanlah dengan ketulusan sepenuh hati tanpa mengharapkan imbalan dari siapapun kecuali berharap mendapatkan ridla Allah SWT. Berkhidmah itu tidak harus dengan mempunyai jabatan di dalam organisasi. Dengan tetap mengikuti kegiatan organisasi dan tentunya bisa menjadi orang yang bermanfaat, terutama untuk teman-teman organisasi. Saling menjaga, merangkul, memberi kasih sayang dan melangkah maju bersama,” ungkapnya.

Setelah bermusyawarah dan menyepakati kandidat yang diajukan sebagai ketua, dengan kesepakatan bersama Syukur Riyadin terpilih menjadi ketua Pengurus Komisariat IAINU Kebumen periode tahun 2021-2022.

“Terimakasih atas kepercayaan teman-teman yang sudah menyepakati saya menjadi ketua. Ini merupakan amanah yang tidak mudah. Diibaratkan sebuah gedung yang berdiri kokoh tentu tidak cukup hanya dengan satu tiang. Saya harap kita bisa berjalan bersama beriringan dan saling menguatkan. Dan tentunya sebagai seorang manusia , saya tidak luput dari yang namanya kesalahan. Saya harap teman-teman semua tidak segan untuk mengingatkan saya ketika saya melakukan kesalahan, begitu sebaliknya. Semoga mulai hari ini MATAN bisa menjadi organisasi yang memasyarakatkan thoriqoh dan menthriqohkan masyarakat,” ujar Syukur Riyadin saat sambutan.

Penulis: Shofiyatun Romdhonia

Editor: Risma Savhira