Memperbaiki Kondisi Hati

Salah satu rangkaian perjalanan Habib Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka bersama rombongan pada Hari Sabtu, 05 Juni 2021, pukul 21.00 Wita. adalah memberikan pendalaman tarekat bagi jamaah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassari dan kader MATAN Pinrang, di kediaman Ketua PC. MATAN Pinrang ust. Abdul Rahim hadi, M. Pd. I.

Habib Puang Makka menasehatkan agar senantiasa memperbaiki kondisi hati (Padecengi atimmu). Menurut Habib Puang, ada dua cara memperbaiki hati, yaitu: perbaikan eksternal dan internal.

Pertama, cara eksternal adalah bergaul dengan orang saleh. Pergaulan merupakan faktor yang mempengaruhi pemikiran, lebih-lebih suasan keimanan. Seseorang dapat menjual iman, karena tergiur tipuan kawannya. Sebaliknya, seseorang bisa menjadi orang saleh karena selalu dinasihati teman dekatnya.

Rasulullah saw. menganjurkan kita agar bergaul dengan orang-orang yang paham agama (ulama), dan para ahli hikmah. Karena melalui merekalah hati senantiasa hidup mengingat Allah swt. Rasulullah saw. bersabda:

“Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang pekerja alat untuk menyalakan api (pekerja besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah (wewangian) kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau  mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pekerja besi, mungkin dia akan membakar pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua, cara internal dengan banyak berzikir sebab dengan zikir hati akan menjadi tenang.

Terjemahannya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” (Q.S. al-Ra’d/ 13: 28)

(Abd. Rahim Hadi)