MILAD 1 MAJELIS IKHWAN INDONESIA DIHADIRI SYEIKH TAREKAT AL-MUHAMMADYIAH ASIA TENGGARA, RAIS AWAL IDARAH ALIYAH JATMAN DAN MURSYID TAREKAT KHALWATIYAH YUSUFIYAH

Makassar, hari Senin, 25 Januari 2021 menjadi hari istimewa dan penuh berkah. setahun lalu Majelis Ikhwan Indonesia secara resmi ditetapkan menjadi orgnasisi tarekat sejak tanggal 25 Januari 2020 M. / 30 Jumadil Ula 1441 H di Masjid Nurul Ma’arif Kampung Paropo. Datuk Syeikh Haji Muhammad Fuad bin Kamaludin melantik Syeikh Dr. K. H. Baharuddin Abduh Al-Shafa sebagai khadim tarekat Al-Muhammadiyah Indonesia, berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Al-Musnid Sayyid Nafi’ Al- ‘Arabi Al-Sanusi di Mesir.

Kegiatan yang diketuai oleh ust. Dr. Firdaus Muhammad, MA., dan sekertaris panitia ust. Ashar Temanggong, S. Ag., M. Ag., ditempatkan di Zawiyah Al-Muhammadiyah Indonesia sesuai protokol kesehatan. Acara dimulai pukul 16.30 Wita sampai selesai, dengan susunan acara Khatam Al-Qur’an (Hizb Syahr), zikir Kanz Sa’adah, dan tausiyah.

Majlis yang diadakan secara langsung dari Kota Makassar, Live Streaming menggunakan aplikasi Zoom dan facebook yang dihadiri ikhwan dari kabupaten/ kota Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kendari Sulawesi Tenggara, Jambi, Jakarta, Aceh, Malaysia dan United Kingdom. Ruang zoom meeting dihadiri 143 ikhwan.

Majlis Ikhwan Tarekat Al-Muhammadiyah memperoleh ucapan selamat dan sukses penuh hikmah dari tamu terhormat dan mulia, diantaranya:

– Syeikh Tarekat Al-Muhammadiah Asia Tenggara, Dato’ Syeikh Haji Muhammad Fuad bin Kamaludin.

– Syeikh Tarekat Al-Muhammadiyah Indonesia, Syeikh Dr. K.H. Baharuddin Abduh Al-Shafa, MA.

– Mustasyar Tarekat Al-Muhammadiah Indonesia, Prof. Dr. H. Abdul Kadir Ahmad, MS. APU

– Mursyid Tarekat Khalwatiah Yusufiah, Syeikh Drs. K. H. Sahib Sultan Karaeng Nompo

– Mursyid Tarekat Khalwatiah Syekh Yusuf dan Rais Awal Idarah Aliah JATMAN, Syeikh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka

– Ketua Majelis Ikhwan Indonesia, Dr. K. H. Amirullah Amri, MA.

– Ketua Majelis Ikhwan Prov. SULSEL dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr. Firdaus Muhammad, MA

– Ketua Majelis Ikhwan Kota Makasaar, Ust. Ashar Temanggong, S. Ag., M. Ag.

– Ketua Majelis Ikhwan Kab. Wajo, KM. H. Muhammad Subhan, S. Ag., M. Pd.I.

– Ketua Majelis Ikhwan Kab. Bone, H. Saharuddin, S. Ag., M. Pd.

– Guru Besar Bahasa Arab pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin Makassar, Prof. Dr. K. H. Najmuddin Abd. al Shafa, Lc., MA.

Syeikh Drs. K. H. Sahib Sultan Karaeng Nompo telah menyampaikan ucapan selamat dan sukses, diikuti dengan ucapan daripada Prof. Dr. H. Abdul Kadir Ahmad, MS. APU dan seterusnya Syeikh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka.

Habib Puang Makka menyampaikan bahwa ulama-ulama besar Sulawesi Selatan juga pengamal tarekat Al-Muhammadiyah, termasuk pendiri dua pesantren besar, yaitu Maha Guru Sulawesi Selatan AGH. Muhammad As’ad dan AGH. Abdurrahman Ambo Dalle.

Majlis seterusnya disempurnakan dengan tausiah khas dari Dato’ Syeikh Haji Muhammad Fuad bin Kamaludin. Dalam tausiah ringkas tersebut beliau telah mengucapkan setinggi tahniah atas sambutan yang dijalankan serta usaha penyebaran Tarekat Al-Muhammadiah di bumi Indonesia umumnya dan Sulawesi Selatan khususnya.

Beliau turut mengingatkan para ikhwan kepentingan mengenali tarekat mulia ini terutamanya Syeikh Tarekat yaitu Imam Ahmad ibn Idris yang merupakan ayah roh bagi sekalian para ikhwan. Beliau juga mengingatkan agar para ikhwan dapat bersabar dalam menempuh ujian-ujian dalam usaha menyebarkan dakwah Tarekat Al-Muhammadiyah yang unggul ini.

Dato’ Syeikh Haji Muhammad Fuad juga turut mengambil kesempatan beramah mesra dan bertanya kabar para ikhwan di Makassar.

Majlis kemudiannya diteruskan dengan taklimat daripada Syeikh Dr. K.H. Baharuddin Abduh Al- Shafa berkaitan perjalanan program sepanjang tahun 2020 serta maklumat zawiyah-zawiyah Tarekat Al-Muhammadiyah di Indonesia. 13 kepengerusan Majelis Ikhwan sudah diresmikan,  termasuk menjadi mustasyar Prov. SULSEL adalah rektor UIM Al-Ghazali Makassar Prof. Dr. Ir. Majdah M. Zain, M. Si dan Guru Besar UNHAS Prof. Dr. H. M. Arifin Hamid, SH., MH.

Majlis diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Prof. Dr. K. H. Najmuddin Abd. al Shafa.

Pihak FATIM (Pertubuhan Tarekat Muhammadiyah) mengucapkan tahniah kepada Dato’ Syeikh Haji Muhammad Fuad bin Kamaludin serta pengurusan Tarekat Al-Muhammadiyah Indonesia, Provinsi, Kab./ Kota, Universitas/ Ma’had Aly, Pondok pesantren dan  masjid di bawah pimpinan Syeikh Dr. K.H. Baharuddin Abduh al Shafa atas sambutan ulang tahun tersebut.

Semoga Tarekat Al-Muhammadiah akan terus berkembang di Indonesia mengikut manhaj Imam Ahmad ibn Idris r.a.

(Hardianto)