PC Matan Lampung Timur Gelar Harlah dan Ngopi Sufi

Harlah MATAN Ke-9 dan Harmoni Kekeluargaan Bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lampung Timur Ngopi Shufi MATAN Lampung Timur Kali ini sedikit berbeda. Karena ngopi Shufi kali ini di selenggrakan bersamaan denggan harlah MATAN ke-9. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu 23 Januari 2021 yang bertempat di Kantor Cabang Nahdlatul Ulama Lampung Timur.

Dalam acara tersebut, banyak sekali yang datang dan ikut memeriahkan acara harlah matan. Acara di mulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan, tausiyah, zhikir serta doa dan pemotongan tumpeng. Tidak hanya itu, ngopi shufi kali ini juga di hadiri sahabat-sahabat Ansor, Banser, dan Pengurus Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lampung Timur.

Gus Abu Munawar, selaku ketua PC MATAN Lampung Timur mengungkapkan, bahwa “kegiatan Ngopi Shufi diselenggarakan oleh MATAN sudah kurang lebih 9 kali ini berjalan”. “Diharapkan Pengurus Cabang MATAN Lampung Timur dapat menjadi menjadi percontohan bagi sahabat-sahabat MATAN yang ada di Lampung.

Selain itu, ia juga memberikan pesan kepada MATAN Lampung Timur, bahwa ke depan MATAN dan organisasi Nahdlatul Ulama yang ada di Lampung Timur dapat bersinergi dalam membangun dan mengembangkan Nahdlatul Ulama khususnya Lampung Timur menjadi lebih maju lagi”, Ujarnya dalam sambutan.

Selain itu, Gus Ja’far Sadiq selaku ketua wilayah MATAN Lampung menambahkan, “ Pentingnya menjaga prinsip matan yakni tafaqquh fi al-din, Iltizamut thoat,Tazkiyat al-nafsi, Hifdz al-aurad wa al-adzkar, Khidmah lil-ummah. Dengan mengkontektualisasikan kelima prinsip tersebut pada seluruh sendi kehidupan maka dapat membentuk generasi dan calon pemimpin bangsa yang mempunyai karakter, yaitu; nasionalis, intelektual dan sufistisk.

Turut hadir juga Rois Idaroh Syu’biyah JATMAN dan Mudir Idaroh Syu’biyah JATMAN Lampung Timur yakni Romo KH. Riyadhu Sholihin dan Romo KH. Saifudin Zuhri. KH. Saifuddin Zuhri memberikan pesan bahwa MATAN merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang selalu menjaga adab, baik adab kepada orang tua maupun kepada gurunya.

Selanjutnya, KH. Riyadhu Sholihin juga berpesan, “ MATAN terus bergerak dan terus dikembangkan jika perlu ajak sanak sodara dan kawan-kawan yang lain, untuk ikut MATAN”. Dengan diadakannya harlah MATAN ke-9 yang bertempat di Kantor Aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Lampung Timur.

Kedepan MATAN tidak hanya di pandang sebelah mata, namun dengan hadirnya MATAN di harapkan JATMAN Khususnya, serta Nahdlatul Ulama pada umumnya yang ada di Lampung Timur dapat menjadi lebih maju baik dalam sector ekonomi, pendidikan, maupun kebudayaan. M. Dani Habibi