Pengurus Cabang MATAN se-SULSEL memperingati HARLAH ke-9

PC. MATAN diberbagai daerah Sulawesi Selatan menyemarakkan HARLAH MATAN ke-9 dengan berbagai kegaiatan, sesuai dengan instruksi PW. MATAN Sulawesi Selatan dan PP. MATAN, dan sebagai khidmah dari mursyid untuk mengembangkan tarekat.

PC. MATAN Gowa

Hari ini tepat 9 tahun Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Muktabarah An Nahdliyyah (MATAN) berdiri. Kami di MATAN Gowa mengadakan kegiatan kecil untuk merayakannya. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat, 3M.

Berziarah ke makam wali dan pahlawan nasional. Setelah berdoa di makam Syekh Yusuf Al Makassary, di tengah hujan gerimis kami melanjutkan ziarah ke makam Sultan Hasanuddin-Raja Gowa XVI.

Ba’da isya, kami bersilaturahmi dengan Syekh KH. Sahib Sultan Karaeng Nompo, Mursyid Tarekat Khlawatiyah Yusufiyah sekaligus keturunan IX dari Syekh Yusuf AL-Makassari. PC. MATAN Gowa memperoleh nasehat beliau dan sekaligus ikut berzikir dan berdoa bersama dengan jamaah tarekat lainnya.

PC. MATAN Maros

Bertetpatan HARLAH MATAN ke-9 Ketua PC. MATAN Maros Syekh Abdul Aris, S. Pd., M. Pd. bersama dengan GP ANSOR SULSEL menziarahi makam pendiri (muassis) NU Sulawesi Selatan. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka 95 Tahun NU menyambut 1 abad.

PC. MATAN Parepare

PC. MATAN Parepare memperingati HARLAH MATAN ke-9 dengan menggelar diskusi terbatas dan ngaj bersama dengan Gus Ach. Dhofi Zuhry (Ketua Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Al-Farabi dan Pengasuh Pesantren Luhur Baitul Hikmah Kepanjen Malang) dan Dr. Kyai Hannani, M. Ag. (Ketua PC. NU Parepare). Di Pesantren Zubdatul Asrar Parepare, pukul 18.30 Wita.

PC. MATAN Pinrang

HARLAH MATAN ke-9 oleh sahabat-sahabat PC. MATAN Pinrang diperingati dengan menggelar pembacaan ratib, zikir, dan doa di dua tempat yang berbeda. Kegiatan pertama, di masjid Iradatul Maulaa,  setelah shalat magrib berjamaah dilaksankan pembacaan Ratib Yasin yang dipimpin oleh sahabat Mursalim R., S. Hi., kemudian dilanjutkan dengan ta’aruf MATAN oleh Hardianto ketua PC. MATAN Pinrang. Ba’da Isya, dilanjutkan dengan pembacaan Ratib Al-Aththos, zikir dan doa dipimpin oleh ust. Sabuddin Yanta, S. Pd. I., M. Pd. I. Jamaah masjid menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, sehingga akan menjadi agenda rutin setiap malam Jum’at.

Kegiatan kedua, ditempatkan di Posasiq Pusaka. Pembacaan Ratib Al-Aththos, zikir dan doa dipimpinn oleh ust. Abd. Rahim Hadi, S. Pd. I., M. Pd. I., acara diskusi setelah zikir dan doa diarahkan oleh sahabat. Haris, S. Pd.

PC. MATAN Sidrap

Pengurus PC MATAN SIDRAP di HARLAH MATAN ke-9 menyemarakkan dengan kegiatan zikir dan salawat, *dengan membaca Ratib Al-Attas dan Qasidah Burdah yang dipimpin Ust. Hudri (Ketua PC MATAN Sidrap)* pada hari Kamis, 14 januari 2021, di masjid Al Ikhlas Kantor Kemenag Sidrap. Jl. Ganggawa Pangkajene Kab. Sidrap, pukul 21.00 (setelah Sholat Isya). *Setelah dzikir dan shalawat, dilanjutkan dengan doa bersama dan taushiyah yang dibawakan oleh Muhammad Rusmin Al-Fajr (Pimpinan Majelis Fatihiyyah Haqqani Sidrap). Dalam taushiyahnya disampaikan bahwa sangat penting bagi kita untuk selalu melakukan kegiatan-kegiatan ruhaniah seperti zikir, salawat dan ziarah wali secara istiqamah agar keberkahan turun di negeri ini. Sebagai penutup rangkaian kegiatan, Pembina PC MATAN Sidrap memberikan arahan agar ke depannya menjadikan kegiatan dzikir dan shalawat ini sebagai salah satu agenda rutin bulanan.* Kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M.

(Hardianto)