MATAN Gelar Tahlil Fida’ untuk Habib Ja’far al-Kaff

MATAN.OR.ID – Indonesia baru saja kehilangan tokoh besar panutan umat Islam, khususnya warga NU, yakni Habib Ja’far bin Muhammad al-Kaff. Dalam rangka turut hormat mendo’akan beliau, Pengurus Pusat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (PP-MATAN) Indonesia menggelar tahlil dan do’a bersama pada Ahad (3/1) Malam.


Acara tersebut diadakan secara virtual melalui zoom yang dihadiri oleh sejumlah pengurus, anggota dan muhibbin MATAN dari seluruh Indonesia, diantaranya Ketua Umum MATAN, Gus Hasan Habibie, Sekjend MATAN, Gus Abdur Rosyid, KH. Ahmad Nafi’ Jember, KH. Ali M Abdillah Jakarta, dan beberapa lainnya.


Ketua Umum MATAN, Gus Habibi dalam sambutannya mengatakan bahwa Habib Ja’far adalah waliyullah yang sangat menjadi panutan bagi umat Islam, dengan terkenal jadzabnya sering kisah-kisah keanehan beliau disampaikan oleh Habib Umar Semarang.


Apa yang sering diucapkan oleh Habib Ja’far baru menjadi kenyataan beberapa waktu setelahnya, istilahnya weruh sakdurunge winarah. “Dengan kita adakan acara do’a untuk beliau, semoga kita kelak bisa dikumpulkan bersama beliau pada saatnya nanti,” harapan Gus Habibi.


Kemudian acara tersebut dilanjutkan dengan pembacaan tahlil fida’ sebanyak 70.000 kali yang dipimpin oleh KH. Ahmad Nafi’ Jember, Pengasuh Ponpes Raden Rahmat Sunan Ampel Jember.


Sebelum pembacaan fida’, Kyai Nafi’ menjelaskan bahwa dzikir tahlil fida’ ini adalah sebagai sarana untuk berkhidmah kepada Habib Ja’far, sebab yakin bahwa beliau sudah pasti husnul khotimah, maka dari itu, dzikir ini adalah khidmah kepada beliau. “Barokah adalah dengan khidmah, sekarang kita niati khidmah kepada Habib Ja’far, semoga mendapatkan barokah beliau untuk kelancaran kehidupan wabil khusus untuk MATAN,” jelas Kyai Nafi’.


Setelah pembacaan dzikir tahlil fida’ sebanyak 70.000 kali, dilanjutkan do’a yang dipimpin juga oleh KH. Ahmad Nafi’ Jember.

Pewarta: Muhammad Alvin Jauhari