SULUK 1.3 PC MATAN PAREPARE

Akhir tahun 2020 menjadi istimewa bagi PC. MATAN Parepare. Suluk MATAN kembali terlaksana setelah tertunda beberapa kali, karena pertimbangan protokol kesehatan. Hari jum’at, tanggal 25 Desember 2020, pukul 20.00 Wita awal dimulainya kegiatan dengan dihadiri oleh pengurus PC. NU Parepare, pengasuh dan pembina Pondok Pesantren Zubdatul Asrar, Anggota Korwil MATAN, pengurus PC. MATAN Pinrang dan sahabat-sahabat kader MATAN dari daerah lainnya termasuk dari pengurus PW. MATAN Sulawesi Barat. Pelaksanaan suluk MATAN berakhir pada tanggal 27 Desember 2020, yang akan dihadiri oleh Ketua PW MATAN SULSEL. Acara secara resmi dibuka oleh Syekh Sayyid Abdul Malik Assegaf Puang Malik.

Ketua PC. MATAN Parepare ust. Adri Aladin, S. Pd. dalam sambutannya menyampaikan:

Tema suluk pada suluk 1.3 ini adalah “Memasyarakatkan tarekat dan mentarekatkan masyarakat menuju insan kamil yang sempurna”, sebagaimana yang didawuhkan Maulana Habib Luthfi bin Yahya pendiri MATAN. Kegiatan dan dakwah tarekat MATAN menjadi bukti bahwa sumbangsi MATAN kedepannya dalam mengembalikan kekuatan spiritual yang ada di Indonesia semakin besar.

Perlu dipahami bahwa Indonesia merdeka bisa kokoh sampai sekarang adalah indonesia yang tidak hanya mengandalkan kekuatan lahiriyah, namun juga mengandalkan kekuatan batiniyah. Itulah mengapa dua kekuatan ini tak sedikit yang ingin memutuskan mata rantai penyebarannya. Dengan suluk MATAN diupayakan kepada peserta untuk betul-betul memahami dengan baik “apa itu tasawuf dan tarekat?” melalui penjelasan dari para masyaikh yang hadir pada kegiatan tersebut.

Indonesia adalah negara spiritual sedangkan spiritual diperoleh melalui pendalaman Ihsan. Dengan tarekat, mari kita menjaga martabat agama, bangsa dan negara!

tutur ust. Adri Aladin, S. Pd. dihadapan 38 peserta suluk di Pesantren Zubdatul Asrar Parepare. [Hardianto]