Memanfaatkan Kunjungan Mursyid di Daerah

Intensitas kunjungan silaturrahim sahabat-sahabat MATAN daerah untuk meraih berkah dari sang mursyid dan bentuk Khidmah yang tinggi, menjadikan sutu pengalaman spiritual tersendiri bagi seorang murid. Jarak yang jauh tidak memupuskan semangat mengobati kerinduan berjumpa, konsultasi, dan memohon didoakan. Diantara murid yang yang datang, hampir semuanya mengharapkan kedatangan habib puang untuk menyampaikan perihal undangan kegiatan, hajatan dan silaturahim khusus berkunjung kedaerah masing-masing. Itulah salah satu ikhtiar sahabat MATAN Pinrang maupun PC. MATAN daerah lainnya.

Kunjungan Habib Puang bersama rombongan ke daerah untuk memenuhi undangan resmi atau hajatan masyarakat, banyak dimanfaatkan oleh jamaah tarekat dan murid-murid beliau, lebih khusus kader-kader MATAN daerah. Hari Senin, 16 November 2020, setelah Syekh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka mengisi disebuah acara wilayah Pinrang. Sahabat-sahabat PC. MATAN Pinrang memanfaatkan kehadiran Habib Puang untuk mengambil berkah sanad tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf. Salah satu pesan Habib Puang kepada jamaah tarekat dan sahabat-sahabat MATAN adalah:

“Tetaplah menjaga akhlak karimah dan jangan terlibat perdebatan. Jika ada yang mengajak berdebat soal tasawuf, tetaplah menolak atau cukup menyampaikan dengan santun atas penolakannya.

“Tarekat itu berbicara tentang hakiki, ya… amalan seperti wudhu ada hakikinya, sholat ada hakikinya dan amalan lainnya.”

Menurut pengarah acara Ust. Haris Ali, S. Pd., Kegiatan dimulai pukul 22.00 Wita di masjid Al Qania Dusun Butung Desa Lero Kec. Suppa. Acara berlangsung sukses dan penuh khusyu’. Banyaknya jamaah masjid dan minat yang tinggi masyarakat Lero dalam bertarekat, menginisiasi kami pengurus MATAN untuk memformulasi persiapan kampung tarekat, ing sya Allah.

Setelah kegiatan di masjid, Habib Puang dan rombongan menghadiri undangan jamuan makan malam Kepala Desa Lero bapak H. M. Amin. Turut hadir ketua JATMAN Kab. Pinrang dan Jamaah tarekat Syekh Yusuf Kota Parepare.

(Abd. Rahim Hadi/ Hardianto)