Bulan Rabiul Awal Momentum Mencintai Rasulullah saw. Melalui Amaliyah dan Mencintai Habaib

Bulan Rabiul Awal tahun 1442 H. membawa semangat baru  mencintai dan rindu kepada al-Mustafa Nabiyullah Muhammad saw. pemilik maqam tertinggi dan pemberi syafaat agung. Menghidupkan sunnah, beramal dengan berlandaskan sunnah, dan menebar sunnah dapat diwujudkan melalui menghidupkan majelis-majelis zikir dan doa, majelis maulid, maupun berkunjung kepada zuriyat rasul saw. Majelis tersebut telah menghimpun pembacaan kalimat tayyibah, salawat, silaturahim, sedekah, ilmu hikmah, pembacaan sirah nabawiyah dan kisah kekasih-kekasih Allah swt. Aktualisasi kecintaan kepada nabi senantiasa diperbaharui dalam kehidupan sehari-hari untuk memperoleh ridha Allah swt. dan syafaat rasul-Nya.

Terdapat aneka amalan syariat yang dapat diimplementasikan selaku umat. Maka salah satu PC. MATAN di Sulawesi Selatan, sejak bulan Safar sahabat-sahabat PC. MATAN secara bergiliran mengadakan kunjungan mahabbah kepada Syekh Sayyid Abd. Rahim Assegaf Puang Makka (Mursyid Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf), lebih dikenal dengan Habib Puang di Makassar. Sebagai bentuk khidmah selaku kader MATAN, murid dan jamaah tarekat. Beberapa sahabat-sahabat Pinrang tetap tinggal mendedikasikan waktu dan tenaga dikediaman Habib Puang. tanggal 11 November 2020, sahabat-sahabat PC. MATAN Pinrang kembali mengadakan kunjungan mahabbah kepada Habib Puang, salah satau pemberi ijazah Ratib Al-Aththos.

Hari Kamis tanggal 12 November 2020/ 26 Rabiul Awal 1442 H. Majelis Ratib Ar-Rahimiyah MATAN Pinrang Kembali menggelar pembacaan ratib dan diskusi keagamaan yang dipandu oleh sahabat Haris, S. Pd.  Kegiatan ratib Kembali diadakan secara normal dengan kehadiran jamaah ratib pada hari Kamis pukul 20.00 WITA sampai selesai yang dibina oleh Ust. Abd. Rahim, M. Pd. I. Sebagai nasehat keagamaan, dikutip pesan dari Habib Puang:

“Berdoalah selalu dan jangan lupa kirimkan hadiah al-Fatihah kepada orang tuamu dan gurumu setiap selesai shalat. Jangan lipat sajadahmu sebelum engkau anugerahkan al-Fatihah kepada mereka.”

Pembacaan ratib Kembali digelar pada hari Jum’at, tanggal 14 November 2020/ 28 Rabiul Awal 1442 H. di kediaman bapak Sayadi (salah satu security) untuk mendoakan keselamatan dan kebaikan anggota keluarga. Ratib Al-Aththos semakin dikenali oleh masyarakat Pinrang dan salah satu alternatif bacaan zikir dan doa untuk memenuhi undangan masyarakat yang ingin dibacakan doa keselamatan.

Melihat aktifitas kerja organisasi MATAN, MATAN menjadi bagian mercusuar membumikan amaliyah para ulama al-‘amilin, bahkan ratib-ratib  susunan para habaib dibaca tiap hari atau mingguan oleh kader-kader MATAN. Hal itu, menunjukkan kader-kader MATAN mencintai habaib, karena habaib adalah keluarga nabi dan manifesatasi akhlak mulia Rasulullah saw.  Sebuah hadis menyatakan:

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: Cintailah Allah karena Allah telah memberi nikmat kepada kalian. Cintailah Aku karena cinta kepada Allah dan cintailah keluargaku karena cinta kepadaku”

(Hardianto/ Abd. Rahim Hadi)