PK MATAN UINSA Surabaya Awali Ngaji Kitab Ar-Risalah Al-Laduniyyah Karya Imam Ghazali

Setelah bulan Ramadhan kemarin mengkhatamkan Kitab Raudhatut Tholibin, kini Pengurus Komisariat Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (PK MATAN) UIN Sunan Ampel Surabaya kembali mengawali ngaji kitab Karya Imam Ghazali yakni, Kitab Ar-Risalah Al-Laduniyyah pada Jum’at Malam (02/10/20).

Kajian ini diikuti oleh sejumlah pengurus, anggota dan muhibbin MATAN dari berbagai daerah secara dua model, yakni dengan virtual dan offline. Untuk virtual melalui Aplikasi zoom, sedangkan offline bertempat di Pondok Pesantren Al-Jawi Surabaya.

Kajian Ar-Risalah Al-Laduniyyah ini dibacakan oleh Dr (Cand) KH. Moh. Yardho, M. Th.I selaku pengasuh pembina PK MATAN UIN Sunan Ampel Surabaya dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Jawi Surabaya.

Yai Yardho, sapaan akrabnya menjelaskan bahwa, “kitab ini ditulis berdasarkan permohonan teman Imam Ghazali untuk menuliskan tentang laduni. Imam Ghazali menyanggupi permohonan temannya sesuai kemampuan, keadaan dan ilmu yang datang kepadaya, maksut ilmu datang kepadanya ya ilmu laduni itu,” Jelasnya.

“Imam Ghazali awal niat cari ilmu itu bukan karena Allah, tapi biar bisa makan. Makanya yang penting itu belajar dulu, urusan ikhlas akan menyusul.” Tambahnya.

Dosen UINSA ini menambahkan, “ada tiga kata bijak yang perlu diingat. Pertama, orang yang bodoh pada sesuatu itu pasti akan mengingkari sesuatu tersebut. Kedua, yang gak pernah mana mungkin bisa testimoni. Ketiga, paling baiknya perkataan itu yang sedikit tapi bisa dimengerti. Simple, padat dan jelas.” Imbuhnya.

“Ilmu yang diamalkan terus itu akan menemukan-menemukan ilmu baru, kemudian amalan biar dapat ilmu laduni ya bertakwa dan membersihkan hati.” Pungkasnya.

Pada kajian tersebut, juga turut diadakan tahlil untuk mendoakan Katib ‘Amm Idarah Aliyah JATMAN Abah KH. Drs. Muhammad Masroni yang baru saja meninggal dunia pada Jum’at Sore (02/10/20).

(Alvin Jauhari/Surabaya)