PK MATAN UNU Cirebon Adakan Kajian Kitab Perdana

Semangat mengenalkan tasawuf dan tarekat ke kalangan pemuda, khususnya mahasiswa. Pengurus Komisariat MATAN Universitas Nahdlatul Ulama’ (PK MATAN UNU) Cirebon, Jawa Barat mengadakan kajian kitab perdana dengan mengkaji kitab “Risalatul Jami’ah” karya Habib Ahmad Bin Zein Bin Alwi Al-Habsyi. Kegiatan diadakan pada Sabtu(26/09/20) bertempat di Musholla UNU Cirebon. Kajian dimulai selepas Sholat Ashar yang dipimpin oleh Habib Ja’far Shodiq Bin Abdurrahman Al-Kaff Cirebon.

Habib Ja’far menerangkan bahwa, “Kitab Risalah Al-jamiah adalah ringkasan atau kesimpulan dari beberapa kitab besar seperti Ihya Ulumiddin. Dan kitab ini juga ringkasan dari beberapa fan ilmu seperti, ilmu tauhid, fiqih dan tasawwuf. Isi kitab ini diawali dengan biografi dan kisah-kisah pengarang selama berguru dengan Habib Abdullah bin Alwi Al-haddad dan Habib Ahmad bin Abdullah Bilfaqih.”

“Lalu kitab ini diawali dengan basmalah, yang mana pengarang tafa’ulan dengan kitab suci Al-qur’an yang juga diawali dengan bacaan basmalah.” Imbuhnya.

Kemudian Habib Ja’far banyak bercerita tentang keistimewaan basmalah. Salah satunya, bacaan basmalah itu ketika dibaca pada perkara wajib, maka sifatnya jadi wajib, dibaca pada perkara haram, maka sifatnya menjadi haram. Begitu seterusnya pada perkara makruh, sunnah dan mubah.

“Bahasan selanjutnya tentang keistimewaan bacaan Hamdalah dan rukun islam.” Pungkasnya.

(Alvin Jauhari/Hamdi)