Majelis Dzikir MATAN Pinrang ; Dari Masjid ke Masjid

Majelis Dzikir MATAN Kabupaten Pinrang, Sulawesi ini merupakan salah satu program kegiatan yang dijalankan. Penyelenggaraan Majelis Dzikir “Dari Masjid Ke Masjid” atas kerjasama Matan Pinrang dan penyuluh agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Pinrang, begitulah ungkapan Ust. Sabuddin Yanta, S. Pd. I., M. Pd (Ketua Pokjalu Kab. Pinrang).

Dengan Majelis Dzikir ini berharap bahwa di era revolusi industri 4.0 nilai-nilai yang berkembang di masyarakat tidak diukur lagi dengan hal-hal yang bersifat materi saja, namun lebih pada mengedepankan akhlak atau moral. Sebagaimana mana misi yang diemban Nabi Muhammad SAW, ialah Untuk menyempurnakan Akhlaq secara Mulia.

Nilai-nilai spiritualitas akan terwujud  dengan mendawamkan dzikir, dzikir yang mendekatkan kepada Sang Khalik, ada banyak macam dzikir, salah satu jalan berdzikir adalah membaca Ratibul Haddad. Selain itu menurut ahli ratib bahwa keberkahan membaca ratib tidak hanya memperbaiki dan kebaikan pribadi saja, tetapi kelompok, masyarakat dan bahkan satu negeri memperoleh keberkahan dan kebaikan dari fadilah pembacaan ratib al-Haddad.

Atas kerjasama yang dijalin MATAN inilah, maka pembacaan ratib atau dzikir insya Allah akan tetap diistiqamahkan dari masjid ke masjid. Tujuan utama dari penyelenggaraan ini ialah untuk bersama mengetuk hati, untuk melanggengkan dzikrullah,  menghidupkan amaliyah-amaliyah ulama al-‘amilin dan memasyarakatkan thoriqoh dibawah komando MATAN dan JATMAN.

Pembacaan Ratib al-Haddad dipimpin oleh kader MATAN Pinrang Sahabat Nurul Ansar berdasarkan ijazah yang diterima dari Habib Muchsin bil Faqih. Pembacaan Ratib dari masjid ke masjid bertujuan

Penulis : Subhan
Editor : Ali Akbar