Jelang New Normal, Keluarga Besar MATAN Adakan HBH Online

Matan.or.id – Mempertimbangkan wabah corona dan jelang diberlakukannya kebijakan New Normal oleh pemerintah, keluarga besar Mahasiswa Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (MATAN) mengadakan acara Halal bi Halal (HBH) melalui aplikasi Zoom, Kamis (28/05/2020) malam.

Acara HBH online tersebut diikuti sekitar sembilanpuluhan kader MATAN se-Indonesia, dan dihadiri pula oleh Habib Husein Ja’far Al Hadar sebagai pembicara.

Plt. Ketua Umum MATAN, Hasan Habibie mengatakan, meskipun silaturrahim HBH kali ini online, ia yakin tidak mengurangi kedekatan hati di antara kader MATAN.

“Karena urusan tasawuf, urusan thoriqoh, ini kan urusan hati, ini urusannya dengan rabithoh, ini urusannya dengan ikatan yang kita ketemu simpulnya di laailaaha illa Allah, dengan tawasul kepada para masyayikh, para mursyid, para guru, para auliya semua. Ini akan menjadi ikatan batin kita, insyaallah ila yaumil qiyamah,” tuturnya.

Dalam kesempatan HBH ini, Hasan juga menyampaikan permohonan maaf atas segala khilaf dan kesalahan selama ia menjabat sebagai Plt. Ketua Umum MATAN.

“Saya paham persis masih banyak lagi kekurangan-kekurangan yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Saya kemaren berharap setelah pertemuan Silatnas di Makassar, saya ingin tancap gas sebetulnya, karena sudang di gongi oleh pertemuan tersebut dimana Maulana Habib hadir, Mentri Agama hadir, banyak ulama dan habaib hadir, tapi apa daya satu minggu setelah itu tiba-tiba semua terkena dampak dari corona,” katanya.

Hasan juga mengingkat kepada seluruh kader MATAN untuk berpegang teguh kepada dawuh Maulana Habib Luthfi bahwa kita tidak boleh takut pada corona karena corona adalah makhluk, tapi hanya takut kepada Allah SWT, namun tetap mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan.

“Kehawatiran kita terhadap corona jangan sampai menghilangkan tauhid kita kepada Allah SWT,” ujarnya. (gigih)