Pesan Habib Puang Makka kepada peserta SIlatnas Matan, saat penutupan.

Silaturahim Nasional Mahasiswa Ahluth Thariqah Al-Mu’tabarah An Nahdliyah (MATAN) 2020 di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, berjalan dengan lancar.

Silatnas Matan yang digelar 2 sampai 4 Maret 2020 ditutup langsung Pimpinan Khalwatiyah Syaikh Yusuf al-Makassary, Al-Habib Syaikh Sayyid Abd Rahim Assegaf Puang Makka.

Habib Syaikh Sayyid Abd Rahim Assegaf Puang Makka mengatakan, dalam silatnas ini, selain untuk mempererat silaturahmi, ia berharap agar silatnas ini tidak seperti haul atau seremonial.

“Saya mau, kalian pulang harus ada hasil dari sini. Dengan matan yakinkan diri anda untuk jadikan Indonesia sebagai bangsa yang diidam-idamkan,” ujar Puang Makka, Rabu (4/3/2020).

Ia menjelaskan, zaman ini adalah zaman milenial. Dengan media sosial yang hanya dimainkan lewat telepon genggam, bisa merusak generasi atau keluarga.

“Sekarang banyak anak sibuk main game, ibu sibuk dengan lihat jilbab cantik, dan parahnya bapaknya juga sibuk lihat orang pakai jilbab cantik,” kata Puang Makka disambut tawa.

Beliau meyakini bahwa, Matan bisa diberdayakan dan wujudkan menuju Indonesia yang di idam-idamkan.

“Yakin hanya pelaku tarekah yang bisa buktikan apa cita-cita Indonesia. Kita lakukan sesuatu apa yang kita sepakati, jangan terlalu banyak terimajinasi,” dawuh beliau.

Korwil Matan Sulselbar, Abu Bakar mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada para panitia yang telah menyukseskan acara ini.

Pada pembukaan, peserta yang hadir sebanyak 1326 orang. Selain itu, ada juga Menag RI, Fachrul Razi.

“Beliau Menag, pertama kalinya datang ke Makassar setelah jabat Menag. Yang mengundang beliau adalah Matan jadi ini sangat istimewa,” katanya.

“Ini belum pernah terjadi, baru kali ini. Jadi berkah Matan ini Alhamdulillah,” tambahnya.

Yang paling istimewa kata dia, hadirnya Habib Luthfi yang hadir dengan memboyong keluarganya.

“Ini sangat istimewa. Sejarah ini harus terulang, jangan setelah disini berhenti disini,” kata Anwar.

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Puang Makka Tutup Silatnas Matan 2020, Begini Pesannya, 
Penulis: Saldy Irawan
Editor: Sudirman