Tarekat “bukan hanya” wiridan dan dzikiran

Pengurus Pusat MATAN sowan dan tabarukan kepada Mudir Amm Jatman sekaligus mursyid tarekat qodiriyah, Al Habib Umar Al Muthohar Semarang, dalam kesempatan sowan dan tabarukan ini beliau menjelaskan pemahaman mengenai tarekat yang jarang masyarakat dengar dan pahami.

Tarekat adalah Metode menjalani kehidupan

dalam menjalani kehidupan di dunia ini, beliau menggaris bawahi tentang siapa yang sebenarnya layak kita jadikan panutan dan ikuti, di dalam pemahaman tarekat terdapat konsep mengikuti jalan para wali (kekasih) Alloh Ta’ala, beliau menunjukkan surah Al Luqman ayat 15;

 وَّ اتَّبِعۡ سَبِیۡلَ مَنۡ اَنَابَ اِلَیَّ

Ikutilah Jalan orang – orang yang kembali kepadaKu, dalam penjelasannya Al Habib Umar Al Muthohar menyampaikan bahwa Para Imam Tarekat adalah para Hamba Alloh yang memiliki metode atau cara laku hidup yang bertujuan kembali kepada Alloh Ta’ala.

Tarekat merupakan metode menjalani hidup yang bertujuan kembali kepada Alloh Ta’ala melalui bimbingan Guru Mursyid sesuai dengan pemahaman dari para Imam Tarekat yang mu’tabaroh (memiliki sanad yang menyambung sampai Baginda Nabi Agung Muhammad SAW). (FA)