MATAN Se-Jabar Kongkow Bersama dalam Kegiatan “Salik Milenial”

Matan.or.id – Pengurus MATAN se-Jabar mengadakan acara kongkow bersama dengan tema “Salik Milenial”, Selasa (04/02/2020) di Rumah Komuji, Jl. Cilaki No 33 Bandung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Ketua Umum MATAN Gus Hasan Chabibie, Ketua PW MATAN Jawa Barat Dr Ajid Thohir, Founder Gerakan Santri Milenial Ahmad Athoillah, dan pengurus Komunitas Musisi Mengaji (Komuji).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, perwakilan Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) dari ITB, UPI, UNISBA, STKes, dan UIN Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Hasan Chabibie menceritakan tentang pertemuannya dengan Almarhum Almaghfurlah KH Hamdani Muin pada tahun 2000 di acara Jatman. Ia juga menceritakan sejarah lahirnya Matan, yakni ketika Kiai Hamdani sowan kepada KH Dimyati Rois dan Maulana Habib Luthfi bin Yahya sekitar tahun 2004/2005.

Menurut Gus Hasan, Matan merupakan terjemah visi misi dari mursyid yang ada pada Jatman. Cara membangun frekuensi jiwa kedekatan murid dengan guru yaitu lewat kiprah pengabdiaan di Matan.

“Habib Luthfi berharap menghasilkan mursyid-mursyid thoriqoh lahir dari tubuh Matan,” kata Gus Hasan.

Selain itu, lanjutnya, Matan juga memiliki tanggung jawab bernegara berbangsa atau nasionalisme.

“Matan diharap ikut bagian dalam geopolitik internasional yang hari ini Indonesia sebagai pusat pertarungannya dengan sesuai kemampuannya masing-masing,” jelasnya.

Menurut Gus Hasan, salah satu kunci bersama yaitu memberikan ruang dalam cinta pengabdian seperti simbol tali NU yang tidak terikat permati.

“Kita pegang teguh betul apa yang kita perjuangkan lewat Matan karena kita dalam nilai yang telah jelas dan benar. Kita telah jelas sanadnya, mursyidnya, gurunya, dan model dakwahnya,” tandasnya. [gigih]