Murid Mbah Arwani di Bali Itu Bernama KH Noor Hadi

Matan.or.id _ CAHAYA KEBERKAHAN Guru Mursyid dari KH Noor Hadi

Di tengah hingar-bingar Bali dengan berbagai pesonanya. Terdapat pondok pesantren tahfidz yang sudah lama berdiri. Bahkan perkembangannya semakin pesat, bermula dari langgar, sepetak kamar asrama dan sekarang memiliki lembaga pendidikan berbasis pondok mulai Paud hingga Perguruan Tinggi.

KH Noor Hadi, Tabanan, Bali.

Kami Bersama rombongan ziarah Bali MA TBS berkesempatan sowan ke pondok tersebut.

Pendiri sekaligus pengasuhnya adalah KH. Noor Hadi. Beliau lama nyantri sekaligus menjadi abdi ndalem Mbah Arwani Kudus.

“saya mondok di kudus mulai 1966, sangking lamanya sampai yai lupa,kalau saya itu santri”, ungkap beliau.

Suatu hari beliau didawuhi sama Mbah Arwani:, “Nur, Aku duwe omah Apik, Yo pondok iku. Njalukko sanad neng pengurus terus pamit. Saiki Gawehho omah dewe yo, tapi neng Bali. Iki kanggo sangu, engko bakal dicukupi pengeran. Pondokmu tak jenengno Roudlotul Huffadz, lirkadiyo wangine koyok Roudlotul Jannah”, (Nur, Saya ini punya rumah bagus ya pesantren itu, mintalah sanad ke pengurus pesantren. Sekarang kamu bikin rumah sendiri ya, tapi di Bali. Pesantren mu saya berikan nama Roudlotul Huffadz, seumpama Taman … semoga wanginya seperti taman surga Roudlotul Jannah)

Sambil matanya berkaca-kaca beliau melanjutnya ceritanya. Akhirnya KH Nur Hadi memutuskan merantau ke daerah Tabanan Bali.

Alangkahnya kagetnya beliau, ternyata di Bali untuk membuat mushola 3×3 meter saja, harus meminta ijin gubernur dan harus disertai 100 tanda tanga warga sekitar, itupun kalau tidak menyalahi aturan adat.

Belum lagi harga tanahnya yang selangit. Yakni 10 meter saja mencapai 2 Milyar. Apalagi untuk membangun Masjid dan Pondok.

“kulo namung saget nangis lan wadul kalih mbah Arwani, nanging boten wantun matur langsung, jadi namung lewat do’a bakdo qiyam lail”, tangkasnya. (Saya hanya bisa menangis dan melaporkan kepada Mbah Kyai Arwani, akan tetapi tidak berani lapor langsung, jadi saya berdoa -wasilahan- setelah sholat malam)

Tapi anehnya, keesokkan harinya ada orang datang, mengaku utusan dari Kudus dan menawarkan sejumlah uang yang sama persis jumlahnya untuk beli tanah itu.

“Masyallah dibayar lunas kalih Mbah Arwani, padahal saya tidak berani matur langsung”. Imbuh beliau.

Sampai sekarang, jika beliau mendapati kesulitan apapun selalu mengadu pada Mbah Arwani.

“Kulo yakin mbh arwani teseh gesang, teseh saget rawuh. Kulo boten nate melanggar perintah guru, selami hidup, nopo malih nku mbh arwani”. Tambahnya. (Saya meyakini mbah arwani masih hidup, masih bisa rawuh. Saya tidak pernah melanggar perintah guru, selama hidup, apalagi perintah Mbah Arwani)

Suatu ketika KH Nur Hadi mencoba mencari tambahan penghasilan dengan berjualan di pasar bersama isteri. Padahal semasa hidup Mbah Arwani berpesan, “Le…mbesuk ojo dodolan neng pasar”.

Akhirnya sepulang dari pasar, semua orang yang dilihat beliau sepanjang jalan ternyata sangat mirip dengan wajah Mbh Arwani.

“Menawi kulo diemotke”, katanya. (Sepertinya saya diingatkan)

“Kulo nate boten pecinan, tindakan ke suatu acara. Seketika Mbah Arwani Rawuh, Le,,, nek sirahe rak dipecini ngalamat qur’ane ilang”. (Saya pernah tidak pecinan mengunjungi suatu acara, seketika Mbah Arwani dawuh, nak … jika kepala mu tidak dipakaikan peci, alamat qur’an mu hilang)

Akhirnya kemanapun beliau pergi pasti pecinan, sampai bertemu presiden sekalipun.

“Kulo sampun ketemu kalih sedanten presiden mulai pak Harto sampai pak Jokowi. Cuma satu presiden yang menolak saya temui, yaitu gus dur”.

Saat saya kesana malah gus dur marah, “lapo kuwe rene Nur, ngurusi pondokmu ae… Negoro tak urusane aku.. ”

Spontan KH Nur pun berbalik tanya, “lho kok jenengan perso nek kulo gus, padahal kulo dereng matur Nopo2.,,, “yo ambune wes ketoro nek kuwe Nur, wes muliho wiridan neng pondokmu dewe”…. Kata beliau mencerikan gus dur.

Salain itu, beliau juga sempat dikucilkan oleh pemerintah setempat. Gara-gara melarang santri untuk mengikuti MTQ.

“kulo kedah nderek wasiat dawuhnya guru kulo Mbh Arwani, daripda boten didaku satrine dunia akhirat”, imbuh Rois Syuriah PWNU provinsi Bali itu. (Saya harus mengikuti penuh wasiat dawuh guru saya, daripada tidak diakui santri murid beliau dunia akhirat)

Tantangan di Bali juga dalam hal sihir ataupun santet.

“Dalam mimpi kulo, mbh Arwani nyapu teng ngajeng Pondok, tapi yang dibersihkan ada paku, beling dan batu yang tajam. Tak resik ane Le….. Ojo lali ambi dongane…. ” tambah beliau.

“Kulo ngestoaken dawuh yai. Sampek sakniki Kulo nek bten nderes langsung dipun dangu mbh arwani.. Le, nderes. ….” (Saya mengikuti penuh dawuh Mbah Arwani, sampai saat ini jika saya tidak mendaras al qur’an, di ingatkan sama Mbah Arwani … Nak, nderess !)

Sekarang masjid di Tabanan merupakan salah satu masjid yang diperbolehkan adzan dengan mikrofon. Pondok yang mempunyai madrasah sampai univertas. Semula hanya 10 anggota keluarga, namung sekarang kawasannya ramai dan mayoritas muslim.

“sedanten niku barokahnya mbh Arwani, kulo sambatnya ke beliau walau pun sedo, Kulo ngrasa jahil, tp yai ingkang dawuhi kulo lampahi”. (semuanya itu dari barokahnya Mbah Arwani, saya mengadunya ke beliau walau sudah meninggal, saya merasa bodoh, tapi Mbah Arwani yang menyuruh saya yang menjalani)

Selain itu, ternyata yang mengawali adanya ziarah wali 7 di Bali adalah KH Nur Hadi.

“Daripda datang ke Bali hanya untuk berlibur, kulo berusaha mengimbangi dg hal positif. Kulo mengumpulkan 7 makam orang sholih, kersane di ziarohi. Tapi kulo boten ngarani niku wali. Soale ingkang ngertos wali kan wali pyambak, lha kulo boten wali ngeh boten ngertos… Tapi sakniki saget syiar” tambah pengasuh pondok tersebut.

“Estu le, nderekke gurumu. Boten usah mamang, pengeran bakal nyukupi, nulung…” tutup beliau. (Yakinlah nak, ikutilah guru mursyidmu, tidak perlu khawatir, Pengeran akan mencukupi, menolong …)